Kebiasaan Sehat Yang Murah Meriah



Kebiasaan Sehat Yang Murah Meriah [ www.BlogApaAja.com ]

Sebenarnya Anda tak perlu menghabiskan banyakbiaya hanya untuk sehat. Ada banyak sekali cara yang murah dan praktis namunbisa membuat Anda tetap sehat sepanjang hari.



Untuk membuktikannya, cobalah 8 kebiasaansehat yang murah meriah seperti dikutip dari Allyou, di bawah ini.

1. Buatlah Diari tentang Asupan Harian Anda



Tuliskan segala makanan yang Anda konsumsisepanjang hari ke dalam sebuah diari. Menurut penelitian, dari situ kita bisamengevaluasi asupan kalori sehingga kita terdorong untuk membatasinya agarterhindar dari penambahan berat badan. Untuk kebiasaan ini yang Anda butuhkanhanyalah buku catatan kecil dan pena.

2. Berliburlah dengan Imajinasi Anda



Bersantai di pantai mungkin tidak sesuaidengan budget Anda, namun membayangkan pergi ke pantai tentu tak membutuhkandana sepeserpun.

Peneliti pun telah menemukan bahwamembayangkan sesuatu yang bisa membuat rileks bisa memberikan efek yang samajika Anda mengalaminya secara langsung.

Caranya, tutup mata Anda dan gambarkan lokasiideal Anda untuk melepas stres secara detail. Kapanpun Anda merasa stres,cobalah luangkan waktu Anda selama 30 detik untuk mengingat kembali tempat itu.

3. Sering Bebersih



Anda pasti akan merasa jauh lebih ringan jikamelihat meja kerja dan lemari Anda rapi serta seluruh isi rumah terorganisirdengan baik. Jangan lupa simpanlah tas belanja di bawah lemari agar Anda dapatmeletakkan pakaian bekas Anda.

Ketika tas itu sudah penuh, antar ke tokobarang bekas pada saat Anda keluar rumah. Luangkan juga waktu Anda selama limamenit setiap hari untuk meluruskan meja Anda sehingga takkan tampak berantakan.

4. Bernapaslah dari Perut Anda



Kebanyakan orang bernafas dari dada bagian atas.Pastikan perut Anda mengembang ketika bernafas karena ini akan membantu Andamengirimkan oksigen 8 kali lebih banyak ke otak Anda. Hal ini akan merangsanggelombang otak yang lebih lambat dan lebih panjang yang dikaitkan denganrelaksasi dan pikiran tenang.

Berbaringlah dan letakkan satu lengan di atasperut Anda tepat di bawah pusar. Saat Anda menarik napas, bayangkan udara masukke dalam perut Anda dan biarkan udara tersebut memompa udara di perut Andasehingga Anda merasa tangan Anda terangkat ke atas.

Lalu biarkan udara terhembus keluar sampaibenar-benar kosong, kemudian tarik napas lagi untuk membuat tangan Anda danperut terangkat.

5. Telepon Teman Anda



Berbincanglah dengan teman baik Anda yangberada di luar kota. Biasanya di saat itu hormon oksitosin akan dilepaskan olehpara wanita sehingga bisa menenangkan tubuh Anda dan melawan efek stres.

6. Gunakan Pedometer Sepanjang Hari



Pedometer merupakan alat pengukur langkah yangharganya tidak terlalu mahal namun alat ini bisa membantu Anda meningkatkanjumlah langkah kaki Anda dari pagi hingga malam. Sekalian buatlah target 10.000langkah perhari.

7. Bentuk Kelompok Pendukung



Berolahraga bersama seorang teman (dua ataulebih) membantu Anda mempertahankan program latihan. Tanyakan lingkungansekitar Anda untuk melihat apakah tetangga atau teman-teman Anda ingin memulaikegiatan bersepeda atau berjalan bersama.

Anda juga bisa menempelkan sebuah catatan dipapan buletin komunitas lokal di sekitar rumah Anda. Anda pun bisaberpartisipasi dalam sebuah kegiatan olahraga massal seperti lomba jalan sehatatau marathon.

8. Benang gigi



Merawat gigi putih Anda tidak hanyamencerahkan senyum Anda namun juga membantu menggemukkan dompet Anda. Sebuahstudi menemukan bahwa biaya perawatan pasien dengan penyakit gigi yang lebihparah besarnya sekitar 20 persen lebih tinggi daripada pasien biasa.

Waspadai hal itu dengan menggosok gigi duakali sehari, menggosok gigi Anda dengan benang sekali sehari dan mengunjungidokter gigi Anda untuk pembersihan gigi setiap enam bulan.


Follow On Twitter